Rabu, 14 November 2012

Metode Penulisan dengan Pengembangan`Alinea

-->
Sepeda Motor
Pada era modern seperti saat ini siapa yang tidak mengenal sepeda motor. Hampir   semua orang mengenalnya dan menggunakannya sebagai salah satu alat transportasi yang efesien. Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia pun lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia. Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di antara roda depan dan belakang dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam. Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.
Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as.
Sepeda motor inilah yang dimiliki oleh John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda.
Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle.
Pada era modern saat ini proses pembuatan sepeda motor sangat jauh berbeda dengan cara pembuatan sepeda motor yang pertama kali seperti yang di lakukan oleh Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach. Pada era moderan saat ini peroses pembuatan sepeda motot dii mulai dari bagian perakitan powertrain (pemindah tenaga). Kita bisa melihat seorang pekerja menempatkan silinder dan kepala ke crankcase (bak mesin). Setelah menyelesaikan powertrain bergerak ke area kerja yang berbentuk U dan mengangkat ke tempat proses berikutnya. Sisi lain dari perakitan power train dept. memberikan “angle shot” yang lebih baik dari powertrain lengkap dengan kepala silinder dan carbs atau throttle bodies. Memasang  bagian paling penting dari sepeda motor, powertrain, ke chassis, dan menyematkan garpu depan, subframe, exhaust (knalpot )dan item lainnya yang menyusun sebuah sepeda motor. Area kerja yang sama dilihat dari sudut (angle) yang lain. Perhatikan bagaimana sepeda menggantung di rel atas. Pengecatan- tangki bahan bakar, bodywork, lampu, dll dan bagian trim akhir ini kemudian dipasang ke sepeda. Akhirnya sepeda motor yang sudah jadi ditempatkan pada rol dan seluruh sepeda didorong untuk diperiksa speedometer, tachometer, dan bagian vital lainnya. Peralatan Diagnostik ini membantu  untuk memeriksa dan memverifikasi bahwa sepeda motor ini 100% baik untuk jalan.

1 komentar: